Minggu, 14 November 2010

Konsep Nilai Waktu Uang


Nama : Riska Andriana
Kelas : 1EB05
NPM : 26210029
http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=5415772183337380570


            Keputusan keuangan yang diambil pasti berpengaruh terhadap kuangannya untuk di masa datang. Keputusan besar, terutama yang berkaitan dengan keuangan (uang). Setiap harinya kita selalu dihadapi oleh pilihan-pilihan seputar keuangan. Keputusan itu terlihat adalah keputusan saat itu, tapi keputusan yang Kita ambil sekarang akan berdampak dalam jangka panjang. Jadi pertimbangkan baik-baik keputusan keuangan yang akan diambil. Bila dilihat dalam waktu panjang, kita mungkin tidak mengingat semua keputuan kecil yang kita ambil selama hidup kita. tapi satu hal yang menjadi rahasia terbesar dalam mengelola keuangan adalah kekuatan waktu dalam mengembangkan uang kita (nilai waktu terhadap uang). Dengan keterbatasan penghasilan bulanan dan aset diawal tentunya kita harus menyisihkan dana secara regular dari pendapatan kita setiap bulannya. Strategi ini dikenal dengan sebutan strategi dollar cost averaging. Lebih tepatnya, Strategi ini dilakukan dengan menginvestasi dana secara sistimatik dan berkesinambungan dalam jangka panjang. Secara esensi maka strategi ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki perspektif perencanaan jangka panjang dan memiliki pemasukan regular setiap bulan dan sebagian dialokasikan untuk tujuan masa depan.
            Anuitas merupakan satu arus (stream) kas yang tetap setiap periodenya. Beberapa contoh dari perhitungan anuitas dalam keuangan individu, misalnya cicilan bulanan kredit mobil atau rumah dan pembayaran biaya kontrak rumah bulanan. Arus kas ini bisa merupakan arus kas masuk sebagai pengembalian atas investasi maupun arus keluar yang dialokasikan sebagai tujuan investasi. Nilai masa depan anuitas memberikan nilai dari sebuah perencanaan tabungan yang dilakukan secara tetap baik besaran dan waktunya selama jangka waktu tertentu.
Rumus dari nilai masa depan Anuitas:

FVA = {A x [(1+i)n-1]}/i.

Keterangan:
FVA    : Nilai masa depan yang ingin dicapai
A         : Tabungan yang harus dialokasikan
i           : Bunga yang dipakai sebagai perhitungan
n          : Jangka waktu investasi atau tabungan

Sementara itu, nilai tunai (nilai saat ini) dari sejumlah anuitas (PVA) merupakan kebalikan dari FVA :

PVA = {A x (1-[1/(1+i)n])}/i

Dengan dimengerti konsep nilai waktu uang ini maka Anda bisa mempraktekkannya kedalam perencanaan keuangan yang Anda kembangkan.
Konsep bunga berbunga atau bunga majemuk dengan penekanan pada anuitas sangatlah penting untuk dipahami oleh semua individu karena memberikan suatu alternatif perhitungan investasi guna mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar