Selasa, 21 Desember 2010

Macam-macam Perilaku Tercela

1.      Hasud
Hasud atau dengki adalah rasa sikap tidak senang terhadap kerahmatan (kenikmatan) yang diperoleh orang lain, dan berusaha untuk menghilangkannya atau mencelakakan orang lain tersebut.

Kerugian atau bahaya yang ditimbulkan oleh sifat hasud antara lain :
·         Dapat merusak iman orang yang hasud
·         Dapat menimbulkan kerugian atau bencana, baik pendengki maupun orang yang didengki.
·         Dapat merusak mental (hati) pendengki itu sendiri, sehingga kehidupannya merasa gelisah dan tidak memperoleh ketentraman.

2.      Riya
Riya adalah memperlihatkan suati ibadah dan amal shaleh kepada orang lain bukan karena Allah SWT, tetapi karena sesuatu selain Allah SWT.

3.      Aniaya
Aniaya adalah sifat tercela yang dibenci Allah SWT dan dibenci manusia serta termasuk perbuatan dosa yang dapat menjatuhkan martabat diri pelakunya dan merugikan orang lain.

Contoh Sifat-sifat Aniaya :
·         Aniaya kepada Allah SWT : tidak mau menjalankan perintah-Nya yang wajib, dan meninggalkan larangan Allah SWT yang haram.
·         Aniaya terhadap sesama manusia : gibah, fitnah, mencuri, pembunuhan, penyiksaan.
·         Aniaya terhadap binatang : menelantarkan, memanah dan menyembelih hewan dengan senjata tumpul.
·         Aniaya terhadap diri sendiri : membiarkan diri sendiri dalam keadaan bodoh, miskin karena malas, menyiksa diri sendiri dan bunuh diri.

4.      Diskriminasi
Diskriminasi adalah perbuatan zalim yang tercela karena akan mendatangkan kerugian kepada orang yang diperlakukan diskriminatif.

1 komentar:

  1. ass,, thanks y uhkti riska..,,ats berbagi ilmunya..,slm knal y uhkti.., mudah2n kita berlindung kpd Nya agar trhindar dari sikap2 yg semacam itu.....

    BalasHapus